Karakteristik memiliki arti yaitu pengembangan diri dari kata karakter, bisa dikatakan juga karakteristik merupakan sifat atau kebiasaan yang dimiliki setiap individu.
Dapat disimpulkan bahwasanya karakteristik peserta didik merupakan kemampuan atau tingkah laku yang dimiliki setiap peserta didik itu memiliki hasil dari faktor lingkungan, baik itu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Hal ini juga akan membantu dalam meraih impian dan cita-cita, maka dari itu karakteristik pendidikan merupakan komponen penting dalam perwujudan sebuah pembelajaran.
Memahami dan mempelajari karakteristik ini sangatlah penting, hal ini dimaksudkan agar dapat mengenali ciri dari setiap peserta didik.
Sehingga hasil tersebut dapat membantu untuk mencapai kegiatan pembelajaran dikarenakan pendidik sudah memahami dan mengenali sifat dan karakteristik setiap peserta didik dalam bersikap.
Seorang pendidik akan melalui proses pembelajaran dengan mudah jika dapat memahami dan menangani setiap permasalahan peserta didiknya, seorang pendidik dapat melakukan atau mengarahkan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Pemahaman tersebut memang dibutuhkan tentang apa saja metode dan cara yang tepat agar para peserta didik dapat memahami tentang sebuah pembelajaran, maka dari itu hal ini tidak akan menyebabkan sebuah pembelajaran gagal.
Peserta didik juga tidak memiliki kecerdasan kecerdasan yang sama, mereka memiliki tingkat intelektual yang berbeda.
Ada pserta didik yang memiliki tingkat intelektual di atas rata-rata dibandingkan temannya, ada juga peserta didik yang memiliki tingkat intelektual di bawah rata-rata atau bisa dikatakan tingkat rendah.
Karena adanya perbedaan dalam hal ini, para pendidik juga harus menggarisbawahi betapa pentingnya hal ini, yaitu dengan cara memberikan metode pembelajaran yang tidak monoton dan membosankan agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.
Perlunya tentang pemahaman tentang karakteristik peserta didik memang memiliki maksud dan tujuan untuk memiliki dan membuat proses pembelajaran yang kondusif, dengan begitu jika hal ini terlaksana maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa.
Ketika seorang pendidik sedang melakukan proses pembelajaran pasti akan ada sebuah interaksi yaitu guru pada murid dan murid pada guru, hal ini tentu bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak dan membantu mereka agar dapat berdiskusi dengan baik dengan teman dan orang lain.
Pemahaman tentang setiap individu peserta didik memang sedikit memakan waktu, apalagi sebagai pendidik juga diharuskan untuk sabar saat melakukan tugas dalam proses pembelajaran.
Wajar jika disekeliling kita banyak orang-orang yang memiliki kekurangan tentang rasanya percaya diri, bahkan bisa saja ada yang memiliki keaktifan rendah dari peserta didik lainnya.
Maka dari itu perlunya pemahaman tentang karakteristik peserta didik ini agar para peserta didik tidak lagi kesulitan dalam menghadapi pembelajaran. Perbedaan kaeakteristik peserta didik dapat dilihat melalui gaya belajarnya, minat dan bakat serta kemampuan berpikir kognitifnya.
Penulis: Nabila Salsa Alifia (NIM: A510230182)
Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta
Dosen Pengampu: Dra. Sri Hartini, S.H., M.Pd.
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru di Google News