Dalam rangka mengoptimalkan pembelajaran bahasa Inggris, maka dosen-dosen dengan bidang keilmuan Pendidikan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia serta beberapa mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nurul Huda, bekerjasama untuk meluncurkan program inovatif berupa e-modul interaktif untuk membantu peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris para santri (07/01/2024).
Mitra pengabdian pada program ini adalah Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja yang berlokasi di Desa Sukaraja, Kecamatan Buay Madang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan. Dan objek sasaran program ini merupakan seluruh santri Pondok Pesantren Nurul Huda.
Program ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) bertujuan untuk memberikan pendampingan berupa praktik berbicara bahasa Inggris melalui media e-modul.
Dengan memahami pentingnya kemampuan berbicara bahasa Inggris dalam era globalisasi, khususnya dalam konteks pendidikan Islam, e-modul ini dirancang sebagai sarana pembelajaran yang mudah diakses dan interaktif.
PKM ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja, yaitu: 1). Kurangnnya pemahaman santri tentang bagaimana menyusun kosa kata bahasa Inggris, 2). Minimnya pengetahuan mengenai bagaimana pronunciation yang baik dan benar, 3). Lingkungan yang kurang interaktif menggunakan bahasa Inggris.
Kegiatan ini diketuai oleh Ibu Nia Kurniati, M.Pd. dengan beranggotakan Hastuti Retno Kuspiyah, M.Pd. dan Yopi Novanda, M.A. Waktu pelaksanaan pendampingan ini dilaksanakan setiap hari Minggu pada saat weekend dengan berkolaborasi bersama beberapa mahasiswa dalam kurun waktu satu bulan.
“Melalui kegiatan ini mari kita bersama-sama belajar bahasa Inggris. Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa International, dan santri-santri di Pondok Pesantren Nurul Huda ini tidak boleh ketinggalan zaman dan juga harus bisa berbicara bahasa Inggris,” ajak Ibu Retno dalam acara pembukaan PKM.
E modul ini menawarkan berbagai materi pembelajaran yang mencakup kosakata sehari-hari, ungkapan umum, dan konteks-konteks praktis dalam berkomunikasi. Keunikan e-modul ini terletak pada pendekatan interaktif yang menggabungkan teks, audio, dan video, sehingga memungkinkan santri untuk belajar secara mandiri dengan lebih menyenangkan.
Pendampingan aktif juga dilakukan oleh tim pengajar dan pendamping untuk memastikan bahwa santri dapat memahami materi dengan baik dan mengaplikasikannya dalam berbicara.
Setiap santri memiliki akses ke portal daring yang memungkinkan mereka mengikuti modul-modul secara fleksibel, sesuai dengan waktu dan kecepatan belajar masing-masing.
Peluncuran e-modul ini disambut antusias oleh para santri PPNH, yang melihatnya sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka tanpa harus meninggalkan lingkungan pesantren. Diharapkan bahwa program ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi santri, tetapi juga menjadi inspirasi untuk pengembangan program serupa di lembaga pendidikan lainnya.
Dalam konteks pengabdian kepada masyarakat, program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris, tetapi juga membuka peluang bagi santri untuk lebih aktif terlibat dalam dialog di kehidupan sehari-hari.
Upaya ini menjadi salah satu langkah nyata dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya di ruang lingkup pondok pesantren.
“Kami berterima kasih banyak kepada tim PKM Universitas Nurul Huda ini, telah bersedia membantu santri-santri Pondok Pesantren Nurul Huda untuk lancar berbahasa inggris dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kemampuan para santri dapat terasah dan meningkat sesuai dengan apa yang diharapkan,” tutur Ibu Aliqotunnisa selaku pengasuh Asrama Putri Pusat PPNH.
Penulis:
1. Nia Kurniati
2. Hastuti Retno Kuspiyah
3. Yopi Novanda
4. Diajeng Sekar Wiyati
5. Nanda Aprilia C. D.
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nurul Huda
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru di Google News