Kolaborasi UNSIA, PT. Darma Henwa Tbk, Ngilmoo Learning Community dan GNIK Sukses Hadirkan Webinar Personal Branding untuk Para Pencari Kerja

Kolaborasi UNSIA, PT. Darma Henwa Tbk, Ngilmoo Learning Community dan GNIK Sukses Hadirkan Webinar Personal Branding untuk Para Pencari Kerja

Komunitas Berbagi Ilmu “Ngilmoo” telah berhasil menggelar sebuah acara webinar kolaboratif dengan mahasiswa Program Studi Komunikasi PJJ Universitas Siber Asia. (24/1/2024)

Tim penyelenggara yang terdiri dari Eka Arsyad Handayani, Rudin Hidayat, dan Yuliyan Suryo Muliyono mengangkat tema “Raih Sukses dengan Personal Branding”.

Webinar ini, yang berlangsung dari pukul 10:30 hingga 12:00 WIB, merupakan bagian dari implementasi mata kuliah Corporate Social Responsibility di bawah bimbingan Ibu Rosanah, S.S., M.I.Kom., AMIPR., C.PS, dengan dukungan dari PT Darma Henwa Tbk sebagai perwakilan dunia industri.

Dengan dihadiri oleh 116 peserta, acara tersebut diselenggarakan secara online melalui aplikasi Zoom.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ir. Abdul Wahab Bangkona, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Siber Asia, Rivai Sudirman, Direktur GNIK Area Kaltim, serta Kasma Ervina Haida, M. Psi., Psikolog sebagai Mediator Hubungan Industrial Ahli Muda Disnaker Kota Balikpapan. Mereka memberikan dukungan yang signifikan terhadap kesuksesan acara ini.

Dalam sesi presentasi, narasumber pertama, Rosanah, Ketua Program Studi Komunikasi Universitas Siber Asia, menekankan pentingnya pengenalan diri untuk membangun personal branding yang dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Beliau menyatakan, “Melalui konsep diri, seseorang dapat menentukan perilakunya sendiri untuk menciptakan citra yang positif. Selain itu, melalui konsep diri, seseorang juga dapat menyelaraskan hatinya sehingga mampu memberikan penilaian positif dari orang lain.”

Sementara itu, narasumber kedua, Widyatmiko Adhi Pradhana, M.Psi, Psikolog, Superintendent Soft Skill Learning Center dari PT Darma Henwa Tbk, menyoroti peran krusial personal branding dalam media sosial.

Personal branding pada media sosial mencerminkan nilai-nilai yang tertanam pada diri seseorang. Oleh karena itu, penting bagi kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan konten, membangun networking, serta menjadi strategi konten yang relevan untuk mewujudkan karir yang gemilang,” ungkap Widyatmiko.

Antusiasme tinggi dari peserta terlihat melalui banyaknya pertanyaan yang diajukan. Mereka menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dalam membantu mereka membuat konten positif di media sosial untuk membangun personal branding yang kuat.

Dalam era transformasi pencarian kerja, peran personal branding semakin menjadi elemen vital. Perusahaan kini menggunakan media sosial sebagai alat untuk menilai potensi kandidat. Oleh karena itu, memiliki citra diri yang kuat di platform ini bukan hanya sekadar pilihan, melainkan suatu kebutuhan.

Ngilmoo, sebagai komunitas non-profit, fokus pada berbagi ilmu dan menjadi support system untuk pengembangan sumber daya manusia. Dengan atmosfer inklusif dan program edukatif, seperti webinar, Ngilmoo mendorong kolaborasi, pertukaran pengetahuan, serta memberikan akses terbuka kepada ilmu pengetahuan.

Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diinisiasi oleh Ngilmoo menitikberatkan pada meningkatkan kesadaran di kalangan pencari kerja tentang urgensi membangun personal branding sebagai elemen tak terpisahkan dalam perjalanan karier mereka.

Melalui kegiatan webinar pengembangan karir, peserta dapat memperoleh wawasan mendalam tentang strategi membangun personal branding yang efektif, mengidentifikasi nilai-nilai yang unik, dan mengoptimalkan keahlian untuk mencapai tujuan karier mereka.

CSR ini fokus pada bidang pendidikan, memberikan pengetahuan praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Webinar pengembangan karir menjadi sarana yang efektif untuk mentransfer pengetahuan dan keterampilan terkini kepada peserta.

Selain memberikan panduan praktis dalam membangun personal branding, program ini juga memberikan wawasan tentang tren pasar kerja terkini dan kebutuhan industri.

Dengan demikian, peserta bukan hanya diberdayakan untuk membangun citra diri yang kuat, tetapi juga menjadi lebih siap menghadapi dinamika dan tuntutan dunia kerja yang terus berkembang.

Melalui kontribusinya, Ngilmoo menjadi agen positif dalam membangun jejaring yang kuat dan memberdayakan anggotanya untuk pertumbuhan individu serta dampak positif pada masyarakat.

Bagi yang ingin menyaksikan rekaman sesi webinar silakan klik tautan berikut ini: https://youtu.be/a1x5uINdF84?si=2zknVYk4-jjSaJwM

Penulis: Yuliyan Suryo Muliyono
Mahasiswa Jurusan Komunikasi, Universitas Sibe Asia

Editor: I. Khairunnisa
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *