Optimalisasi Kinerja Mesin Diesel dengan Mengurangi Emisi Gas Buang Menggunakan Sistem EGR

Optimalisasi Kinerja Mesin Diesel
Ilustrasi: istockphoto

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja mesin diesel yang menggunakan sistem resirkulasi gas buang (EGR) dalam menurunkan emisi. Metodologi penelitian melibatkan pengumpulan data eksperimen pada mesin diesel yang ditingkatkan dengan sistem EGR.

Menganalisis parameter kinerja mesin, konsumsi bahan bakar, dan nilai emisi. Mengingat meningkatnya kebutuhan energi dan kesadaran akan dampak lingkungan, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi emisi mesin diesel melalui integrasi sistem EGR.

EGR mengurangi suhu pembakaran dan mencegah pembentukan nitrogen oksida (NOx) yang berbahaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental untuk menguji mesin diesel standar dan mesin modifikasi dengan penambahan sistem EGR.

Data yang dikumpulkan berkaita denganparameter seperti tenaga mesin, efisiensi termal, tingkat emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar. Analisis statistik digunakan untuk membandingkan hasil eksperimen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan sistem EGR dapat meningkatkan efisiensitermal mesin dan mengurangi emisi NOx secara signifikan. Meski konsumsi bahan bakar sedikit meningkat, manfaat pengurangan emisi gas buang lebih besar.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan sistem EGR pada mesin diesel dapat meningkatkan kinerja mesin sekaligus mengurangi dampak lingkungan dengan mengendalikan emisi gas buang. Penemuan ini mempunyai implikasi positif bagi pengembangan teknologi mesin yang lebih ramah lingkungan.

Penulis: 
1. Randiya Agung Musyafa (2103035014)
2. Arraafi Atila Sanjaya (2103035038)
Mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri dan Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *