Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Profesi Indonesia “STIKOM PROSIA”, baru saja selesai menyelenggarakan proses belajar mengajar semester Ganjil tahun akademik 2023/2024, dimana salah satu mata kuliah di tawarkan ialah mata kuliah analisa stakeholder yang di ampu oleh Megawati, Eka. S.Sos., M.I.Kom, dengan memanfaatkan metode pembelajaran project based learning (PBL) demi memberikan pemahaman lebih mendalam kepada mahasiswa terkait apa dan bagaimana analisa stakeholder di lakukan.
Analisa stakeholder merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa ilmu komunikasi dengan penjurusan Public Relations (PR) semester 5 (lima), dalam hal ini kelas 20B1P. Mata kuliah ini tidak hanya mempelajari akan apa, bagaimana, hingga proses analisis serta teori stakeholder itu sendiri, tetapi juga membuat mahasiswa terjun dan terlibat langsung dalam proses menganalisa suatu fenomena terkait stakeholder di lapangan, dalam hal ini salah satu perusahaan retail, terkait kegiatan tanggung jawab sosial yang di lakukan bahkan nilai-nilai apa saja yang di anut oleh stakeholder perusahaan .
Dalam upaya untuk memperkuat hubungan perusahaan dan stakeholder, mahasiswa/i menganalisis nilai-nilai yang menjadi landasan terpenting dalam hubungan antara perusahaan dengan delapan Langkah stakeholder yaitu diantaranya: Planning the process, Selecting and defining a policy, Identifying key stakeholders, Adapting the tools, Collecting and recording the information, Filling in the stakeholder table , Analyzing the stakeholder table, and Using the information. Keseluruhan langkah-langkah tersebut diintegrasikan secara menyeluruh dalam proses pembelajaran.
Pada kesempatan ini, mahasiswa/i bisa menjadi lebih siap dalam menghadapi fenomena terkait stakeholder perusahaan dan dapat berkontribusi memberikan perubahan positif serta inovasi di lingkungan kerja.
Miftahul, salah satu mahasiswi kelas 20B1P mengatakan bahwa metode project based learning (PBL) tidak hanya mengajarkan teori tetapi juga penerapannya dalam kehidupan nyata. Memahami nilai-nilai perusahaan menjadi kunci utama untuk memahami dinamika hubungan dengan stakeholder.
Bayu juga menjelaskan proses menganalisis stakeholder pada perusahaan secara langsung ini merupakan pengalaman berharga mahasiswa/i untuk menghadapi dunia kerja. Hal ini juga memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana perusahaan menjalankan tanggung jawab sosialnya dan bagaimana hal itu dipahami oleh stakeholder.
Keberhasilan pemaparan materi ini mencerminkan komitmen “STIKOM PROSIA” yang mengedepankan pendekatan pembelajaran yang lebih mudah. Hal ini tidak hanya memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa/i, tetapi juga mempersiapkan mereka menghadapi tantangan nyata di dunia kerja.
“STIKOM PROSIA” tetap berkomitmen dalam menyediakan metode pembelajaran yang menginspirasi, mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia nyata, dan memberikan pengalaman praktis yang relevan dalam memperluas wawasan dan kemampuan mahasiswa di bidang komunikasi.
Penulis: Kelompok 20B1P
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Profesi Indonesia
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru di Google News