Konsep Media Video Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Quality

Konsep Media Video Pembelajaran
Ilustrasi Media Video Pembelajaran (Sumber: Media Sosial dari freepik.com)

A. Pengertian Media Video Pembelajaran

Pada dasarnya media video pembelajaran adalah sebuah alat yang digunakan untuk menampilkan sebuah materi pembelajaran yang dikemas dalam sebuah video.

Hal tersebut didukung oleh Putra, dkk (2017) yang menyebutkan bahwa media video pembelajaran merupakan suatu media yang menggunakan audio dan visual yang terdiri dari beberapa gambar dan suara tentang sebuah materi pembelajaran yang dimana ditampilkan melalui media yaitu projektor.

Hal tersebut merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran yang tidak monoton dan menyenangkan.

Sejalan dengan Sokheh, dkk (2017) menyatakan bahwa media video pembelajaran adalah sebuah media yang merupakan gabungan dari audio dan visual yang berisikan pembelajaran dan menggunakan sebuah alat untuk menampilkannya.

Hal tersebut diperkuat oleh Prasetio, dkk (2018) yang menyebutkan bahwa media video pembelajaran adalah sebuah media yang menampilkan sebuah gambar dan suara secara bersamaan dengan menggunakan alat tertentu.

Berlandaskan dari hasil analisis tentang pengertian media video pembelajaran tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa media video pembelajaran adalah sebuah peralatan yang menggabungkan visual dan audio dalam waktu yang bersamaan.

Sehingga menjadikan gambar-gambar yang bergerak dan disertai dengan suara yang sesuai dengan kondisi gambar atau keadaan yang ditampilkan dan media video pembelajaran bisa digunakan oleh seorang pendidik untuk menampilkan sebuah hal yang mungkin tidak bisa diperlihatkan secara langsung di depan siswa.

Tetapi dengan adanya media video pembelajaran bisa menampilkan hal tersebut dalam bentuk video dan membuat materi pembelajaran yang menarik sehingga siswa termotivasi untuk belajar.

B. Karakteristik Media Video Pembelajaran

Pada setiap media pembelajaran pastinya memiliki karakteristik atau ciri khas yang menjadi pembeda dengan media pembelajaran lainnya. Begitu juga dengan media video pembelajaran yang memiliki karakteristik tersendiri dalam kegiatan pembelajaran. Karakteristik media video terdiri dari beberapa, yaitu:

  1. Media video bisa memperbesar objek yang kecil menjadi terlihat secara langsung.
  2. Objek yang ditampilkan banyak.
  3. Dapat mengubah beberapa bagian gambar sesuai dengan yang diinginkan.
  4. Gambar yang ditampilkan dapat disimpan dalam waktu tertentu.
  5. Daya tarik media video cukup tinggi yang membuat siswa tidak melakukan kegiatan lain.
  6. Dapat menampilkan objek, gambar, informasi terkini dan terpercaya.

C. Kelebihan Media Video Pembelajaran

Media video pembelajaran memiliki beberapa keunggulan ataupun kelebihan. Kelebihan video adalah sangat menyenangkan bagi siswa, dapat memberikan informasi dalam bentuk nyata dan bisa memberikan pengalaman belajar yang baru bagi siswa.

Kelebihan media video pembelajaran adalah mampu menjelaskan suatu kejadian nyata melalui sebuah proses dan media video ini merupakan kombinasi dari audio dan visual yang membuat penyampaian materi lebih efektif dan cepat.

D. Kekurangan Media Video Pembelajaran

Tidak hanya memiliki kelebihan saja, media video pembelajaran juga memiliki kekurangan ataupun kelemahan karena tidak semua media pembelajaran memiliki keadaan terlampau.

Penulis:

  1. Rilen Olivia Ginting
  2. Hilda Colilla Canabr Barus

Mahasiswa PGSD, Universitas Quarty Medan
Dosen Pengampu: Hasni Suciawati S.Pd., M.Pd

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *