Yuk, Koleksi Kartu Pos

1
474
Kartu pos yang dibagikan cuma-cuma di Singapura sebagai himbauan untuk penggunaan air secara efektif.

Beberapa waktu yang lalu, seorang pemuda tampak bingung ketika saya katakan akan mengirim kartu pos. Nampaknya pemuda itu tidak tahu bahwa di dunia ini ada benda yang bernama kartu pos. Mungkin banyak generasi muda sekarang yang memang tidak mengenal si kartu pos ini, karena jaman yang memang sudah berubah jauh.

Kartu pos yang dijual umum di Thailand.

Jadi sebelum kita masuk ke perihal koleksi kartu pos, kita lihat terlebih dahulu apa itu kartu pos menurut Wikipedia: Kartu pos adalah selembar kertas tebal atau karton tipis berbentuk persegi panjang yang digunakan untuk menulis dan pengiriman tanpa amplop dan dengan harga yang lebih murah daripada surat.

Kartu pos pertama di dunia ini diterbitkan pada tahun 1869 di Austria. Sejak itu kartu pos mulai berkembang di negara-negara Eropa, dan juga Amerika. Kartu pos menjadi sarana komunikasi yang trendi dan murah. Dan pada akhir abad-19 ini pula mulai dikenal istilah “deltiology” untuk koleksi kartu pos.

Kartu pos memang berbeda dibandingkan benda-benda koleksi sejenis lainnya seperti perangko dan mata uang. Kartu pos diproduksi tidak secara terpusat, tidak mengikuti suatu aturan tertentu, dan tidak mengenal waktu terbit. Hal ini memberikan ruang yang luas bagi kolektor kartu pos untuk memperkaya koleksinya, tetapi sekaligus agak merepotkan. Dalam hal ini banyak kolektor yang membatasi pada kartu pos dengan tema-tema tertentu atau dari suatu badan penerbit tertentu.

Salah satu asyiknya bermain kartu pos adalah memperoleh cap yang senada dengan kartu pos.

Dalam perkembangannya, kartu pos tidak hanya tampil dalam bentuk persegi panjang, tetapi juga dalam bentuk lain. Begitu pula gambar pada kartu pos, tidak lagi hanya berupa gambar cetak, tetapi bisa dilengkapi dengan dekorasi lainnya, seperti pita, stiker, ukiran kayu, dan lain sebagainya.

Kartu pos dengan ilustrasi dari kain dan ukiran kayu dari Thailand.

Selain sebagai koleksi biasa, kartu pos juga bisa ditingkatkan menjadi koleksi benda pos jenis lain, yang akan dibahas dalam artikel berikutnya.

Kini, koleksi kartu pos tercatat sebagai hobi ketiga tertinggi di dunia setelah perangko dan mata uang. Nah, tunggu apa lagi, yuk koleksi kartu pos.

Kartu pos dengan desain klasik dari New Orleans.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here