Makanan Pengusir Kecemasan

0
483
Ilustrasi : Freepic

Orang yang mengalami gangguan kecemasan, stress dan depresi tentu saja akan merasa tidak nyaman bahkan banyak di antaranya merasa mereka bukanlah orang yang berbahagia. Hal ini dapat memengaruhi kesehatan fisik dan menggangu kualitas kehidupannya.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut seperti berkonsultasi ke dokter atau psikolog. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi timbulnya gangguan kecemasan dan depresi. Yaitu dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan mood atau suasana hati kita.

1. Makanan Probiotik


(sumber foto: healthyfood.com)

Probiotik adalah mikroorganisme hidup berupa bakteri yang hidup di dalam sistem pencernaan. Bakteri ini merupakan bakteri baik karena membantu flora usus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan juga melindunginya dalam melawan patogen dan mikroba berbahaya yang dapat mengakibatkan suatu penyakit. Probiotik terdapat pada makanan atau minuman yg telah difermentasi contohnya tempe, yoghurt dan kefir. Jenis makanan ini mengandung asam laktat yang sangat baik

2. Biji Pala


(sumber foto : thesourcebulkfoods)

Banyak manfaat yang terkandung dalam biji pala di antaranya sebagai antioksidan, antimikroba, anti inflamasi, psikoaktif dan antispasmodik. Biji pala juga mengandung mineral seperti potasium, zat besi, mangan, tiamin, folat, magnesium, tembaga juga vitamin B1 dan B6. Senyawa Myristicin dan Elemicin di dalam biji pala dapat memberikan efek menenangkan karena mengaktifkan neurotransmiter zat serotonin dan dopamin di dalam otak. Minumlah segelas air hangat sebelum tidur yang sudah dibubuhi sejumput biji pala bubuk.

4. Teh Chamomile



(sumber foto : firstcryparenting)

Teh Chamomile mengandung Chamazulene, senyawa kimia aromatik yang bersifat analgesik, antiinflamasi dan antispasmodik. Teh Chamomile dapat menaikkan imunitas tubuh, menenangkan sistem syaraf serta dapat menyembuhkan insomnia. Konsumsi setiap malam sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur, karena biasanya orang yang mengalami gangguan kecemasan mempunyai kesulitan untuk tidur.

5. Buah Kiwi

(sumber foto Pinkvilla.com)

Buah Kiwi kaya akan antioksidan yang mengandung vitamin C , E, K , asam folat dan potasium. Selain itu buah kiwi juga mengandung serotonin yang dapat menenangkan pikiran. Kadar Vitamin C yang tinggi dalam buah kiwi dapat menurunkan stres baik fisik ataupun emosional serta dapat mengurangi kecemasan. Konsumsiah setiap hari sebanyak satu butir saat pagi dan malam hari.

6. Coklat Hitam / Dark Chocolate


(sumber foto : draxe.com)

Mengkonsumsi dark chocolate dengan kadar kakao di atas 70 persen setiap hari sebanyak 30gr – 60gr mempunyai efek yang baik bagi kesehatan karena kandungan flavonoidnya sebagai antioksidan serta berbagai nutrisi dan mineral seperti magnesium, kalium, kalsium yang terdapat di dalamnya dapat mengurangi tingkat stress, memperbaiki fungsi otak, melancarkan darah, memperkuat fungsi jantung dan juga baik untuk penderita diabetes.

7. Makanan yang mengandung Lemak Baik


(sumber foto : motherandbaby.co.id)

Makanan yang mengandung lemak baik seperti Omega 3 mampu menurunkan kadar stres, kecemasan dan depresi. Makanan ini terdapat pada alpukat, kacang-kacangan seperti almond, biji-bijian seperti biji chia atau biji bunga matahari, ikan laut seperti salmon, tuna, makarel, sardin. 

8. Sayuran Hijau

(sumber foto : healthline.com)

Konsumsilah sayuran hijau yang banyak mengandung magnesium karena orang yang kurang kadar magnesium dalam tubuhya biasanya cenderung rawan terkena stres.
Sayuran seperti kale, bayam, kangkung, brokoli bisa dimasukkan ke dalam menu keseharian anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here