Jerawat Membandel? Ini Solusinya

2
525
sumber foto : depositphotos

 

sumber foto : depositphotos

Hal yang kerap kali diperbincangkan di kalangan remaja salah satunya adalah jerawat.  Karena hampir semua remaja pasti mengalaminya terutama saat memasuki usia pubertas. Walaupun ada juga yang masih mengalaminya di usia 30-an bahkan lebih. Saat pubertas terjadilah perubahan dan peningkatan hormon yang dapat mengakibatkan perubahan baik fisik maupun psikis. Peningkatan hormon androgen adalah salah satunya. Ketika hormon androgen meningkat maka produksi kelenjar minyak menjadi tinggi dan menghasilkan sebum.

Sebum adalah suatu zat yang dihasilkan oleh kelenjar minyak dan berperan melembabkan kulit serta melindungi kulit dari bakteri.

Mengapa jerawat bisa terjadi?

Jerawat disebabkan tersumbatnya folikel rambut oleh sebum beserta sel kulit mati sehingga mengakibatkan pori-pori tersumbat dan membuat kulit meradang yang akhirnya timbul benjolan kecil di permukaan kulit. Benjolan tersebut kadang bisa berisi nanah, kotoran serta lemak.

Terkadang jerawat pun bisa timbul saat mengalami stres. Di bagian wajah biasanya timbul di daerah yang lebih berminyak seperti area “T zone” yaitu area dagu dan dahi. Tak jarang jerawat pun timbul di area dada, punggung, dan leher.

Jerawat bisa mengurangi kepercayaan diri karena mengganggu penampilan.

Banyak usaha yang dilakukan remaja untuk mengatasi problem jerawat, dari mulai membeli produk yang di jual bebas di pasaran sampai berobat ke dokter kulit karena tingkat keparahan yang terjadi.

Untuk mengantisipasi agar tidak timbul jerawat harus dirawat dari dalam tubuh ataupun dari luar tubuh. Misalnya bersihkan wajah secara teratur dengan mencucinya menggunakan sabun khusus muka setidaknya 2 kali sehari, hindari menyentuh daerah wajah terutama saat tangan kotor, jangan gunakan produk kosmetik wajah yang banyak mengandung minyak, perbanyak konsumsi sayur dan buah, hindari makanan yang mengandung lemak seperti susu, keju, kacang tanah, dan makanan gorengan, jangan begadang, tidak merokok, hindari stres serta minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.

Beberapa bahan alami di bawah ini dapat dicoba untuk mengatasi jerawat :

1. Cuka Apel

Cuka apel adalah minuman hasil fermentasi dari sari buah apel dengan ragi dan bakteri yang menghasilkan asam asetat . Mengandung mineral potasium, magnesium, kalsium, serta vitamin A, B, B1, B2, B6, C dan vitamin E. Karena kandungan asam asetat di dalamnya cuka apel mempunyai sifat anti mikroba, anti bakteri dan anti inflamasi.

Cuka apel mempunyai segudang manfaat. Diantaranya dapat digunakan sebagai bahan pengawet untuk makanan, sebagai pengganti cuka putih dan juga dijadikan sebagai minuman kesehatan untuk berbagai penyakit karena asam asetat dan nutrisi lainnya yang terkandung di dalamnya. Selain itu cuka apel juga digunakan untuk merawat kulit wajah.

Asam asetat yang terkandung di dalamnya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Buatlah ramuan cuka apel yang dapat digunakan sebagai toner dengan cara campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2 misalnya 1 sendok makan cuka apel dengan 2 sendok makan air. Ambil kapas, celupkan ke dalam campuran tadi kemudian tempelkan kapas tadi ke daerah yang berjerawat dan diamkan sekitar 15 menit dan bersihkan dengan air biasa.

Selain itu juga bisa digunakan sebagai masker dan lakukan seminggu 2 kali. Caranya dengan mencampur 1 sendok makan cuka apel dengan 2 sendok makan madu. Oleskan pada wajah biarkan mengering kemudian bilas dengan air hangat. Jangan lupa oleskan pelembab ke wajah setelahnya jika jenis kulit wajah cenderung kering.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya yang juga dikenal dengan nama Aloe Vera kaya akan kandungan berbagai jenis vitamin dan mineral seperti vitamin A, B12, C, E , kalsium, asam folat, kolin, dan seng. Hal ini yang menjadikan lidah buaya mempunyai khasiat untuk mengurangi peradangan, anti bakteri dan bersifat mendinginkan kulit.

Dalam dunia kecantikan lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kosmetik maupun produk perawatan wajah. Untuk perawatan wajah terutama yang mempunyai masalah dengan jerawat , gunakanlah lidah buaya dengan cara mengambil daging lidah buaya dengan cara dikerok kemudian aplikasikan langsung ke wajah, punggung atau daerah lain yang berjerawat. Diamkan sekitar 30 menit kemudian bilas dengan air. Lakukan hal ini sampai keluhan jerawat menghilang. Lidah buaya bisa juga dicampurkan dengan bahan lain seperti lemon dan madu.

3. Kunyit dan Yoghurt

Bahan aktif curcumin dan kandungan lain seperti serat, vitamin dan mineral yang terdapat pada kunyit memiliki fungsi sebagai anti inflamasi, anti aging dan anti oksidan. Sehingga mampu mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, diantaranya gangguan pencernaan, menghambat pertumbuhan kanker, nyeri haid, alergi dan masih banyak lagi.

Di sisi lain kunyit juga dapat digunakan untuk kecantikan kulit wajah.
Untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat buatlah masker alami yang terbuat dari kunyit dan yoghurt. Kedua bahan tersebut mempunyai efek anti radang dan anti bakteri yang mampu mengatasi masalah tersebut.

Campurkan bubuk kunyit sebanyak 2 sendok makan dengan yoghurt tawar sebanyak 3 sampai dengan 4 sendok makan sampai teraduk rata, kemudian diamkan beberapa saat di lemari pendingin, setelah dingin bisa campurkan dengan sedikit madu dan kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air. Lakukan seminggu 3 kali untuk hasil maksimal.

4. Madu

Madu mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan yaitu mempunyai kemampuan sebagai anti bakteri, anti radang dan mempunyai efek menenangkan bagi kulit yang berjerawat. Madu mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang tidak sedikit seperti asam lemak, asam amino, tembaga, magnesium, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, vitamin A, B2, B3, B5, B6, B9, B12, C, D dan masih banyak lagi.

Oleskan madu pada area yang berjerawat, diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat. Madu pun bisa dicampurkan dengan bahan alami yang lain seperti yoghurt dan pisang.

5. Lemon

Kandungan vitamin C dan asam sitrat pada lemon memiliki sifat anti radang dan dapat mengurangi minyak di sekitar wajah. Selain itu juga memiliki sifat anti mikroba sehingga lemon dapat digunakan untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat.
Menggunakan perasan air lemon untuk mengatasi jerawat harus dicampur dengan bahan lain agar kulit tidak semakin kering yang bisa memperparah kondisi jerawat. Bisa dicampurkan dengan madu, yoghurt ataupun oatmeal. Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat kemudian diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit dan bilas dengan air biasa. Jangan gunakan setiap hari karena bisa membuat kulit menjadi kering.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here