Fungsi Hashtag di Media Sosial

0
301
Sumber Ilustrasi : Talance

“Bukan sembarang simbol, penggunaan hashtag di media sosial dapat memberikan manfaat lebih.”

Hashtag adalah kata atau frase tanpa spasi dalam bentuk tag metadata yang diawali dengan simbol hash (“#”). Contohnya penulisan hashtag : #SiswaIndonesia

Dengan hashtag, maka informasi (teks, foto, video) akan otomatis tergabung ke dalam sebuah kelompok informasi dengan hashtag yang sama di sebuah platform media sosial.

Berikut beberapa fungsi hashtag yang jarang diketahui :

1. Mempermudah Pengelompokkan Konten

Ketika kita melengkapi unggahan di media sosial dengan hashtag, maka unggahan tersebut akan dikumpulkan ke dalam kelompok yang memiliki hashtag sama sejagat maya. Ini akan memudahkan kita untuk melihat unggahan milik orang lain dengan topik yang sama, atau sebaliknya.

2. Mempermudah Pencarian Konten

Dengan hashtag, artikel yang diunggah akan terindeks dalam kolom pencarian. Dalam hal ini, hashtag  bermanfaat untuk mempermudah dalam pencarian informasi.

Misalkan kita ingin mengetahui segala informasi mengenai Siswa Indonesia yang pernah diunggah di media sosial, maka ketik saja hashtag #SiswaIndonesia di kolom pencarian media sosial tersebut. Maka akan muncul semua unggahan (artikel/foto/video) yang berkaitan dengan Siswa Indonesia.

3. Memperluas Jangkauan Konten

Dengan hashtag, unggahan akan terindeks dalam data pencarian. Bila ada seseorang sedang mencari sebuah unggahan dengan hashtag tertentu dan ternyata hashtag yang dicarinya itu sama dengan hashtag yang kita gunakan, maka konten kita juga akan tampil dalam hasil pencariannya. Siapa tahu, konten kitalah yang dipilih untuk dinikmati oleh orang tersebut.

4. Sebagai Sarana Promosi & Branding

Silakan gunakan hashtag untk menulis nama, karya, komunitas, atau apa pun di setiap apa yang kita unggah di media sosial. Semakin banyak hashtag kita gunakan, akan membuat orang lain tahu bahwa kita konsern dalam bidang tersebut. Itu artinya, dapat menciptakan personal branding diri kita di mata orang lain.

5. Hashtag Telegram

Hashtag berlaku juga di platform Telegram. Silakan gunakan hashtag di setiap pesan yang dikirimkan. Setelah itu, klik hashtag yang dibuat. Maka semua pesan lawas yang pernah dikirimkan ke siapa pun akan tampil dalam satu kelompok hashtag yang sama. Hal ini hampir mirip fungsinya dengan pesan berbintang di WhatsApp.

Hashtag bukanlah simbol biasa yang tidak berguna. Dia lebih berarti, dibanding rasa cintamu padanya yang kini telah pergi. Eaaa.

Kriiik,…Kriiik,…Kriiik,…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here